Ketika hati diselimuti kegelapan, hanya percikan cahaya Ilahi sajalah yang meneranginya. Ketika matahati telah dibutakan oleh nafsu dan hasrat telah menguasai jiwa, tak ada lagi yang bisa ditunggu selain kehancuran. Hati hanya bisa dibersihkan dengan cahaya tauhid. Jiwa akan merdeka bila selalu mengesakan Allah. Jika Hati telah menjadi suci dan jiwa terbebaskan, maka keduanya akan terbang menuju keharibaan Allah dan siap memperoleh kemenangan dari Ilahi (Al-fath ar Rabbani) dan limpahan cahaya dari Tuhan yang Maha Pengasih(al Faidh ar Rahmani).

Jika kau masih takut dan berharap pada manusia, maka dia menjadi Tuhanmu. Jika kau masih menghadapkan hatimu pada harta dunia, maka kau adalah budaknya, dan dia menjadi tuhanmu. Tak ada cinta yang paling abadi, kecuali cinta seorang hamba kepa Allah. Seorang Pencinta tak akan meninggalkan kekasihnya, baik saat suka maupun saat derita.

Apabila engkau tidak ridho akan takdir , tidak bersabar atas ujian dan tidak bersyukur atas nikmat, maka tidak akan ada Tuhan bagimu, carilah Tuhan selain Allah, padahal engkau tahu tidak ada Tuhan selain Allah. apabila engkau mau ridholah dengan takdir, percayalah kepada ketetapanNya, baik ataupun buruk, manis ataupun pahit. Sesungguhnya sesuatu yang akan menimpamu tidak akan luput darimu, dan sesuatu yang harus luput darimu tidak akan menimpamu sama sekali, baik dengan usaha ataupun upaya (Syaikh Abdul Qadir Al Jailani )